Minggu, 19 Desember 2010

Langkah-langkah POST

POST (Power On Self Test) adalah test yang dilakukan oleh PC untuk mengecek fungsi-fungsi komponen pendukung PC apakah bekerja dengan baik. POST dilakukan PC saat booting. Tahapan-tahapan proses POST adalah sbb.

  1. Test Power Supply ditandai dengan lampu power hidup dan kipas pendingin power supply berputar.
  2. Secara otomatis dilakukan reset terhadap kerja CPU oleh sinyal Power Good yang dihasilkan power supply jika dalam kondisi baik saat dihidupkan. CPU kemudian melaksanakan instruksi awal pada ROM BIOS.
  3. Pengecekan terhadap BIOS dan isinya. BIOS harus dapat dibaca. Instruksi awal ROM BIOS adalah jump (lompat) ke alamat program POST.
  4. Pengecekan terhadap CMOS, CMOS harus dapat bekerja dengan baik. Program POST diawali dengan membaca data setup (setting awal hardware) pada RAM CMOS setup, sebagai acuan untuk pengecekan.
  5. Melaksanakan pengecekan CPU, timer (pewaktuan), kendali memori akses langsung, memory bus dan memory module.
  6. Memori sebesar 16 KB harus tersedia dan dapat dibaca/tulis untuk keperluan ROM BIOS dan menyimpan kode POST.
  7. Pengecekan I/O Controller dan Bus Controller. Controller harus dapat bekerja untuk mengontrol proses read/write data. Termasuk I/O untuk VGA Card yang terhubung dengan Monitor.
Jika salah satu prosedur POST yang dilewati tidak berhasil maka PC akan menerima pesan/peringatan kesalahan berupa kode beep yang dikeluarkan melalui speaker yang terhubung dengan motherboard atau melalui monitor sesuai dengan standard masing-masing motherboard.


yosshhh!! moga2 aj berhasil.. kalau g berhasil coba aj lagi sampai berhasil.. kalau masih belum bisa silahkan membeli komputer yg baru.. Ganbatte!!

0 komentar: