Senin, 10 Januari 2011

Peripheral Chipset

Update Driver Chipset


Jika Anda menginstalasi Windows XP atau Me tanpa menginstalasi driver chipset motherboard, maka komputer tidak stabil. Bisa jadi lebih parah lagi, misalnya Windows tidak bisa diakses. Driver chipset berfungsi menghubungkan sistem operasi dengan motherboard. Windows XP dan Me memang sudah menyediakan database driver. Namun, ada kemungkinan databse tersebut terbatas dan tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal atau driver di database tersebut sudah tidak up to date. Untuk memperoleh hasil performa maksimal dan stabilitas kinerja komputer Anda, selalu gunakan driver chipset terkini dari sumber terpercaya.
SOLUSI : Kebanyakan driver untuk motherboard diperoleh bersamaan dengan pembelian barangnya, namun tidak ada salahnya membuka situs vendor chipset motherboard dan men-download driver terbaru yang sesuai. Kemudian instalasi pada Windows XP. Dengan update driver, bisa menambah stabilitas dan daya tahan motherboard serta menambah kecepatannya. Sebab, kadang update tersedia untuk memperbaiki bug atau cacat produksi.
 
Fungsi Chipset
Chipset Mainboard mengontrol interaksi antara perangkat keras komputer yang terhubung ke mainboard. Sebuah chipset mainboard umum adalah terdiri dari dua bagian yang berbeda, yaitu Northbridge dan Southbridge. Sebuah chip Northbridge mengendalikan hardware berkecepatan tinggi dan Southbridge mengontrol periferal dan perangkat keras terpadu yang lambat.
Meskipun chipset mainboard sangat penting untuk komputer, banyak pengguna komputer yang belum pernah mendengarnya. Chipset bekerja seperti sistem pengatur lalu lintas dalam komputer. Chipset menyediakan sarana untuk menggerakkan sinyal menuju ke lokasi di mana mereka diperlukan. Chipset juga mengelola dan memilah prioritas sinyal tersebut, sehingga informasi yang diperlukan tersebut dapat segera disampaikan ke temtap yang membutuhkan.
Kecepatan chipset menangani informasi memiliki dampak yang berbeda pada kecepatan dari komputer secara keseluruhan. Hampir setiap bagian dari perangkat keras komputer memiliki kecepatan yang spesifik, tetapi mereka semua dibatasi oleh kecepatan chipset untuk melakukan tugasnya. Jika komputer memiliki chipset lambat, tidak ada cara untuk meningkatkan kecepatannya.

Hampir setiap komputer memiliki dua divisi chipset, Northbridge dan Southbridge. Chip ini mungkin secara fisik terhubung, tetapi mereka beroperasi secara independen satu sama lain. Kedua chip ini diperlukan agar komputer berfungsi maksimal, tetapi Northbridge sering dianggap lebih penting dari Southbridge. Chipset Northbridge menghubungkan memori utama, prosesor dan sistem grafis. Itulah sebabnya bagian ini dianggap lebih penting dan utama. Ketiga bidang yang dihubungkan chipset ini berada di pusat komputer dan menangani kecepatan dan display.
Bagian Southbridge dari chipset mainboard mengontrol bagian yang lain diluar yang disebabkan di atas. Beberapa diantara yang diatur oleh Southbridge; termasuk slot ekspansi, except graphics, semua port di bagian belakang atau depan CPU dan interaksi keyboard dan mouse. Dalam beberapa tahun terakhir, motherboard telah mengintegrasikan bagian yang lebih banyak ke dalam desain mereka daripada harus menggunakan kartu ekspansi. Sistem ini terintegrasi, seperti pengendali jaringan dan suara, juga diatur oleh chipset Southbridge.
Untuk menjaga operasi chipset mainboard berjalan lancar, penting untuk memperbarui driver komponennya. Driver ini membantu perangkat lunak yang menggunakan chipset untuk mengatur data mereka menjadi lebih efisien untuk transmisi. Proses lebih efisien ini, memungkinkan komputer beroperasi semakin cepat. 

0 komentar: