Rabu, 15 Desember 2010

Terowongan laut Jepang-Korea!!

 
 
Diskusi untuk Korea-Jepang terowongan bawah telah mendapatkan momentum di antara para peneliti, politisi dan pengusaha, tetapi proyek menghadapi banyak rintangan sebelum bisa menjadi kenyataan.

Jika menyadari, kedua negara akan dihubungkan oleh sebuah 200-kilometer terowongan bawah laut dari Busan ke Pulau Kyushu Jepang.

Sebuah kereta berkecepatan tinggi akan menghubungkan kedua negara dalam 50 menit. Jepang Korea Proyek Terowongan Association di Busan dan Terowongan Jepang-Korea Research Institute, sebuah yayasan nirlaba di Tokyo, telah memimpin penelitian.

Studi di terowongan telah dirintis kebanyakan oleh sektor swasta, tetapi dukungan pemerintah mungkin untuk mendapatkan kecepatan, khususnya dalam terang peran ini diharapkan untuk bermain dalam mempercepat perjalanan dan pertukaran bisnis.

Walikota Busan Hur Nam-sik sudah meluncurkan sebuah gugus tugas yang terkait.

Terowongan juga akan memfasilitasi perdagangan bilateral, yang naik dari sekitar $ 40 miliar pada tahun 1999 menjadi lebih dari $ 89 milyar pada tahun 2008. Sekitar 20.000 orang melakukan perjalanan sehari-hari antara negara-negara pada tahun 2009.

"Terowongan akan merangsang bisnis, meredakan ketegangan dan mempromosikan stabilitas politik di Asia Timur. Hal ini juga akan memiliki dampak positif pada penyatuan kembali Semenanjung Korea," Prof Shin Jang-Cheol dari Universitas Soongshil di Seoul mengatakan.

Dia mengutip perluasan transportasi Eurasia link dan kemungkinan memfasilitasi FTA Korea-Jepang sebagai alasan lain untuk mengejar proyek di tingkat pemerintah.

Proyek ini akan menguntungkan, menurut penelitian dari Prof Park Jin-hee, seorang profesor di Universitas Maritim Korea. Saat ini biaya $ 665 untuk kapal kontainer (20 kaki kubik) dari Osaka ke Busan. Harga akan turun ke $ 472 melalui sistem transportasi bawah.

Proyek ini juga akan mempromosikan pembangunan daerah seimbang. Beberapa melihatnya sebagai katalis untuk meruntuhkan hambatan-hambatan psikologis dan permusuhan yang berasal dari berabad-abad konflik antara dua tetangga.

Namun, kata lawan teknik dan keprihatinan biaya halangan utama untuk proyek. Biaya konstruksi diproyeksikan mencapai sekitar 60 trillion won sampai 100 trillion won dan proyek akan membawa tujuh sampai 10 tahun untuk membangun.

Jika sudah selesai hari ini, ini akan menjadi terowongan bawah laut terpanjang di dunia.

50,5 kilometer di Terowongan Channel antara Inggris dan Perancis, yang telah menjabat sebagai inspirasi untuk proyek, butuh enam tahun untuk menyelesaikannya.

Lawan juga mengatakan Korea-proyek Jepang sebelum waktunya berlama-lama karena sentimen anti-Jepang. Beberapa telah memperingatkan bahwa Korea akan memperoleh sedikit dari terowongan, sementara itu pada akhirnya akan "membantu Jepang akhirnya maju ke benua Eurasia."

Selain itu, masih banyak gelisah perselisihan antar pemerintah daerah di wilayah selatan negara itu. Namun, pemerintah Korea telah menjadi lebih positif pada proyek.

Sebuah Cheong Wa Dae atas pejabat mengatakan bahwa pemerintah akan meluncurkan studi kelayakan.

Ide ini pertama kali dikandung selama pendudukan Jepang pada pergantian abad ke-20. Tetapi lebih konkret perencanaan tidak terjadi sampai 2003, ketika mantan Presiden Roh Moo-hyun menyebutkan ide.

Sejauh ini, Jepang telah lebih maju tentang proyek dari Korea.

Beberapa pejabat Jepang telah mempromosikan sebagai "simbol pembangunan perdamaian" sejak tahun 2002, ketika dua negara co-host Piala Dunia FIFA. Seorang mantan menteri pertahanan yang diusulkan terowongan dijelaskan sebagai "mimpi-inspiratif" proyek.

Sekitar setahun yang lalu di Kyushu, sebuah perusahaan konstruksi terowongan Jepang mulai mempelajari kemungkinan membangun terowongan bawah.

Pendukung mengatakan bahwa waktu adalah mendekat untuk kesepakatan resmi antara kedua pemerintah.

Daizo Nozawa, mantan menteri keadilan dari Jepang, presiden Terowongan Jepang-Korea Research Institute, dan Kim Ki-chun, mantan menteri keadilan dan mantan wakil ketua parlemen Korea-Jepang Union, mengatakan bahwa "tantangan rekayasa apapun dapat dipenuhi dengan teknologi sekarang ini.

"Jauh lebih menakutkan adalah penghalang psikologis bersejarah antara kedua negara. Tidak ada cara yang lebih baik untuk membawa orang bersama-sama daripada untuk melibatkan mereka dalam proyek mengharuskan semua usaha mereka."

Busan dan kota lain Fukuoka telah melakukan berbagai proyek untuk menciptakan zona ekonomi umum.

Sekitar setengah dari penduduk Busan mengatakan bahwa proyek tersebut harus dilakukan di masa lalu tanpa perbedaan antara kedua negara, menurut sebuah survei dari 600 warga negara oleh Universitas Maritim Korea pada tahun 2008. Sekitar 60 persen mengatakan bahwa terowongan akan bermanfaat bagi perekonomian Busan.


lah kapan yha indonesia punya terowongan air sendiri??? buat jembatan suramadu aj lama buanget!! aplg terowongan air... ckckckckck...

0 komentar: